Electronic Resource
Analisis Perencanaan Pengembangan Rumah Qur'an Ummi dengan Menggunakan Bisnis Model Kanvas.
Market Middle Class Muslim beberapa tahun ini mulai menggeliat. Tak cuma
potensinya yang luar biasa besar hingga mencapai 87% dari seluruh penduduk
Indonesia namun juga dinamika perubahannya dalam beberapa tahun terakhir cukup
mengagumkan. Bahkan bisa dibilang selama 5 tahun terakhir pasar middle-class
muslim di Indonesia telah mengalami revolusi karena adanya pergeseran perilaku yang
mendasar. Maka tidak heran jika kemudian pasarnya menggeliat dan marketer
langsung bersiap untuk meraupnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa fenomena
yang terjadi dimasyarakat salah satunya mulai berkembang pesatnya lembaga
pendidikan islami di Indonesia. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan
penelitian pada analisis pengembangan model bisnis pada jasa lembaga pendidikan
rumah qur’an.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian
tindakan dengan pendekatan kualitatif untuk menemukan nilai yang harus ditawarkan
kepada segmennya. Hasil penelitian menunjukan bahwa segmen yang cocok untuk
pengembangan model bisnis “Rumah Qur’an Ummi” adalah segmen para pelajar dan
mahasiswa, para orang tua, dan para masyarakat dengan rentan usia 21 tahun sampai
30 tahun. Nilai yang harus ditawarkan kepada target segmen “Rumah Qur’an Ummi”
adalah value dari metode pengajaran serta kegiatan yang dapat menambah semangat
belajar para murid.
No other version available