Jasa audit saat ini dikuasai oleh KAP big four dimana di Indonesia KAP big four pada tahun 2005 menguasai 88% pangsa pasar berdasarkan penelitian Afriansyah dan Siregar (2010). Adanya tingkat konsentrasi pasar audit menyebabkan kekhawatiran bagi para regulator tentang kualitas audit. Diamana ketika persaingan pasar audit tinggi menyebabkan turunya kualitas audit karena KAP tidak ingi…
Penelitian ini menganalisis bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi audit quality terhadap audit quality itu sendiri dan pengaruh audit quality terhadap earnings response coefficient. Obyek dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2013-2015 yang mencantumkan audit fee dalam laporan keuangan tahunannya. Data yang digunakan merupakan data publikasi…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pengungkapan sukarela terhadap biaya audit dan reaksi pasar. Sampel yang digunakan sebanyak 116 perusahaan dengan 348 data dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda dengan data panel. Pengungkapan sukarela pada penelitian ini menggunakan i…
Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan antara biaya audit abnormal terhadap kualitas audit dan sikap oportunis manajemen. Sampel yang digunakan didapat dari persahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2015. Penelitian ini menggunakan regresi berganda panel data. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh tidak signifikan antara abiaya audit abnormal …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas komite audit dan masa audit terhadap ketepatan waktu laporan keuangan dengan biaya audit sebagai moderator. Contoh penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2017. Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda metode. Hasil penelitian ini menun…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audit fee dan komite audit terhadap kualitas audit. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) dengan periode waktu selama 3 tahun yakni 2016-2018. Perusahaan yang dijadikan sampling dipilih berdasarkan metode purposive sampling yang sebelumnya sudah ditentukan kriterianya oleh penuli…
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetisi pasar audit, ukuran klien, dan financial distress terhadap shopping opinion. Sampel penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia, yang mencantumkan biaya audit periode tahun 2013-2017. Namun, data yang digunakan dalam sampel penelitian ini periode 2016-2017. Karena data pada …