"Tujuan: Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengeluaran konsumsi rumah tangga, inflasi, dan investasi syariah melalui surat berharga syariah negara negara terhadap pemulihan pertumbuhan produk domestik bruto Indonesia. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode VAR/VECM dengan studi kasus wilayah Indonesia pada rentang waktu triwulan IV 2008 s…
"Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku mengurangi food waste dalam konsumsi masyarakat muslim di Jawa Barat. Dalam penelitian ini menggunakan tiga variabel endogen yaitu Attitude, niat mengurangi food waste dan perilaku mengurangi food waste, dan menggunakan 4 variabel eksogen yaitu religiusitas, sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku…
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan pengaruh perilaku pinjam meminjam rumah tangga di Indonesia dengan fokus pada religiusitas, pendapatan, tabungan, dan konsumsi rumah tangga. Penelitian ini menggunakan data dari Indonesian Family Life Survey (IFLS) angkatan ke-5 yang dilakukan pada tahun 2014 dengan sampel sebanyak 3.350 orang. Metodolo…
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengetahuan, religiusitas, sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat konsumen Bogor Raya terhadap halal lifestyle konsumsi. Metode : Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar melalui google form. Penelitian ini menggunakan SE…
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trend fashion dan media sosial terhadap perilaku konsumsi Gen Z dan milenial di Provinsi Jawa Barat. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer sebagai sumber data yang digunakan. Sumber data yang dikumpulkan berasal dari penyebaran kuesioner kepada responden di Provinsi Jawa Barat melalui plat…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip konsumsi Islami benar-benar telah diterapkan oleh Mahasiswa Hafidzpreneur Institut Agama Islam Tazkia dalam berbelanja online shop. Metode pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara dengan Mahasiswa Kampus Matrikulasi Hafidzpreneur Institut Agama Islam Tazk…
This study aims to compare consumption theories according to the perspectives of Monzer Kahf, Abdul Manan, and Yusuf Al-Qardhawi. It employs a formal literature review method to compare the consumption theories of these three figures, utilizing qualitative analysis of relevant literature and texts such as books, articles, and journals authored by the three thinkers. The research findings indica…
Tujuan: Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerimaan zakat, infaq dan shadaqah, pengeluaran konsumsi rumah tangga dan investasi syariah melalui surat berharga syariah negara negara terhadap pemulihan pertumbuhan produk domestik bruto Indonesia. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode VAR/VECM dengan studi kasus wilayah Indonesia pada rentang waktu …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan konsumsi produk makanan kemasan penduduk muslim di Bogor, 2. Pengaruh kesadaran halal terhadap keputusan konsumsi produk makanan kemasan penduduk muslim di Bogor, 3. Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumsi produk makanan kemasan penduduk muslim di Bogor, 4. Pengaruh citra merek terha…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketimpangan antara potensi zakat di Indonesia dengan jumlah penghimpunan zakat, infaq, dan shadaqah di lapangan. Harapannya dengan potensi zakat yang besar tersebut dapat menjadi solusi kemiskinan di Indonesia dengan cara meminimalkan variabel-variabel yang dapat menjadi penghambat dan memaksimalkan variabel-variabel yang dapat meningkatkan potensi…